Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Tuesday 16 December 2014

Bagaimana Meminimalisir Resiko Kanker?

Ilmu pengetahuan mengenai penyebab kanker (cancer) dan tindakan penanganan serta pencegahan kanker (cancer) sangatlah ekstensif. Pengendalian kanker (cancer) sudah dipahami sebagai tindakan kesehatan publik yang ditujukan untuk mempraktekkan ilmu-ilmu yang ada. Hal ini meliputi implementasi strategi yang sistematis dan wajar untuk mencegah kanker (cancer) berdasarkan bukti-bukti yang ada, pendeteksian kanker (cancer) dini serta penanganan pasien yang mengidap kanker (cancer).

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir resiko terkena kanker (cancer):

1. TIDAK MENGKONSUMSI TEMBAKAU

Semua jenis tembakau dapat menimbulkan kanker (cancer). Dengan menolak tembakau, atau memutuskan untuk berhenti, adalah keputusan kesehatan terpenting yang dapat Anda buat. Hal tersebut merupakan langkah penting dalam mencegah terjadinya kanker (cancer). Hindari tembakau dalam bentuk apapun dapat secara signifikan mengurangi resiko Anda terkena beberapa jenis kanker (cancer).

Bahkan bila Anda tidak merokok, kurangi imbas sebagai perokok pasif. Banyak orang dari seluruh dunia meninggal akibat kanker (cancer) paru-paru disebabkan karena mereka adalah perokok pasif.

2. KONSUMSI BERAGAM MAKANAN SEHAT

Memang dengan membuat pilihan sehat di supermarket dan makan makanan yang Anda konsumsi tidak dapat menjamin Anda tidak akan terkena kanker (cancer), akan tetapi langkah tersebut dapat mengurangi resiko Anda terkena kanker (cancer). Sekitar 30 persen kanker (cancer) adalah kanker (cancer) yang terkait dengan nutrisi, termasuk obesitas.

3. TETAP AKTIF DAN JAGA BERAT BADAN IDEAL

Dengan menjaga berat badan yang sehat serta berolahraga secara teratur mempunyai peranan penting dalam mencegah kanker (cancer). Kegiatan fisik dapat membantu Anda terhindar dari obesitas dengan mengendalikan berat badan Anda. Kegiatan fisik dengan sendirinya juga meminimalisir resiko Anda terkena beberapa jenis kanker (cancer) termasuk kanker (cancer) payudara dan kanker (cancer) usus.

Berusahalah untuk tetap aktif secara fisik sesering mungkin. Sesi olahraga Anda bisa semudah berjalan kaki, mengajak jalan-jalan anjing peliharaan Anda, atau bahkan bermain dengan si kecil di taman.

4. LINDUNGI DIRI ANDA DARI SINAR MATAHARI LANGSUNG

kanker (cancer) kulit merupakan salah satu jenis kanker (cancer) yang umum ditemukan dan paling mudah dicegah. Walaupun imbas eksposur sinar-X yang berulang-ulang atau atau terkena bahan kimia tertentu dapat menyebabkan kanker (cancer), sinar matahari sejauh ini merupakan penyebab kanker (cancer) kulit paling umum.

Sebagian besar kanker (cancer) kulit terjadi pada bagian badan Anda yang paling sering terkena sinar matahari, termasuk muka, tangan, lengan dan telinga. Hampir semua kanker (cancer) kulit dapat disembuhkan bila Anda dapat mendeteksinya secara dini, namun lebih baik mencegah daripada mengobati.

5. IMUNISASI

Beberapa jenis kanker (cancer) terkait dengan infeksi virus dan hal ini dapat dicegah melalui imunisasi. Bicarakan pada dokter Anda mengenai imunisasi untuk:

Waspadai dengan Hepatitis B

Hepatitis B dapat meningkatkan resiko Anda terkena kanker (cancer) hati. Vaksinasi sangat direkomendasikan untuk semua bayi. Beberapa orang dewasa dengan resiko tinggi pun perlu diberikan vaksinasi.

Waspadai Human papillomavirus (HPV)

HPV adalah termasuk virus yang ditularkan melalui kegiatan seksual yang dapat menimbulkan kanker (cancer) serviks/mulut rahim. Bicarakan dengan dokter Anda tentang baik buruknya imunisasi untuk mengurangi resiko Anda terkena kanker (cancer).

6. DETEKSIKAN DIRI ANDA

Deteksi regular dan pemeriksaan pribadi untuk jenis kanker (cancer) tertentu mungkin tidak dapat mencegah kanker (cancer), namun hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan kanker (cancer) lebih dini – di mana pengobatan dini memperbesar peluang kesembuhan. Pendeteksian harus meliputi kulit, mulut, usus, dan rektum. Bila Anda seorang pria maka pendeteksian harus meliputi prostat serta testis. Bila Anda seorang wanita, tambahkan serviks/mulut rahim dan payudara dalam daftar Anda. Awasi perubahan pada tubuh Anda – hal ini dapat membantu Anda mendeteksi kanker (cancer) secara dini, memperbesar peluang Anda untuk memperoleh pengobatan dengan hasil yang lebih baik. Bila Anda mendapati perubahan pada tubuh, konsultasikan dengan dokter Anda segera.

Sumber Artikel: Gunakan link ini
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer