Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Monday, 9 November 2015

Apa Beda Tumor dengan Kanker?

17:28
Sore itu ada seorang pasien seorang wanita muda (18 tahun) yang memeriksakan dirinya pada saya karena keluhan benjolan pada payudaranya yang muncul tiba-tiba. Tampak sekali raut muka cemas dan takut akan kondisi penyakit yang menimpanya. Setelah melakukan anamnesis (wawancara) dan pemeriksaan akhirnya saya menyimpulkan benjolan pada payudaranya hanya kelenjar payudara biasa yang mengalami pembengkakan dikarenakan pasien tersebut sedang mengalami menstruasi.

Untuk eveluasi kami sarankan melakukan pemeriksaan ulang 3 bulan kemudian diluar siklus haid. Setelah saya jelaskan kondisi kesehatannya sekarang pasien tampak lebih tenang. Ada beberapa pertanyaan yang pasien sampaikan seputar keluhan yang dia rasakan. Salah satu pertanyaan yang membuat dia bingung dan mungkin banyak orang juga masih belum begitu paham adalah mengenai apa beda kanker dengan tumor. Karena dua istilah tersebut sering digunakan untuk mendefinisikan adanya suatu kelainan benjolan asing yang ada pada tubuh kita.

Sekarang mari kita simak satu persatu mengenai penjelasan dan perbedaan dari Tumor dan kanker itu sendiri. Definisi Tumor adalah pertumbuhan sel atau jaringan tubuh yang terus menerus atau bisa tak terkendali tanpa mempunyai fungsi secara fisiologis yang jelas pada tubuh kita. Tumor sendiri dibedakan atas dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Nah dari dua jenis tumor inilah dikenal istilah Kanker yang di gunakan untuk merujuk pada suatu kondisi tumor yang bersifat Ganas.

Pada tumor jinak  pertumbuhan sel tumornya lambat, bersimpai (mengandung kista) dan berselaput pembungkus, biasanya tidak berbahaya dan mudah dioperasi untuk pengangkatan tumor tersebut. Sedangkan pada tumor ganas yang disebut kanker biasanya sel-selnya akan tumbuh dengan cepat, tidak bersimpai dan tumbuhnya menyusunp ke bagian lain melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga sel kanker dapat menginvasi bagian tubuh lain hingga mengakibatkan lebih sulit disembuhkan.

Pada sel kanker (tumor ganas) sifatnya berbeda dengan sel tumor jinak yang tidak berkembang, sel kanker justru terus membelah diri dengan cepat dan tidak terkontrol. Itulah sebabnya kenapa sel kanker sangat mudah menyebar ke bagian tubuh lain. Semisal pada kanker payudara pada akhirnya pertumbuhan sel kanker dapat menyebar menjadi kanker paru-paru, kanker hati atau kanker tulang. Hal itu disebabkan karena sel kanker mampu bermetastase (menyebar) ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Itulah mkenapa pada kanker ganas penanganannya menjadi lebih sulit dan harus segera diobati, karena jika dibiarkan sel kanker akan dengan cepat menyebar ke tempat lain yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Sel kanker yang sudah menyebar tentunya akan semakin sulit diobati dan angka kesembuhanya juga semakin kecil.

Diperlukan perawatan intensif bagi mereka yang menderita kanker sehingga sangat membuang energi, waktu dan biaya yang besar. Dari penjelasan diatas didapatkan kesimpulan bahwa tidak semua tumor itu bersifat Kanker (ganas). Oleh karena itu jangan keburu panik jika anda menemukan benjolan asing ditubuh anda. Ada baiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan apakan benjolan (tumor) yang ada mengarah pada jenis tumor jinak atau ganas. Dalam kasus seperti ini biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan apa yang namanya Biopsi dengan mengambil contoh jaringan tumor tersebut. Dari pemeriksaan biopsi tersebut akan dapat diketahui apakah suatu benjolan bersifat jinak atau ganas (kanker). Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk Biopsi, pada akhirnya dokter dapat lebih mudah dalam menegakkan diagnosa dari tumor tersebut sekaligus juga mempermudah langkah penanganan selanjutnya.

Perlu juga diketahui dalam hal penanganan dan penyembuhan, tumor yang jinak dan ganas (kanker) sangatlah berbeda. Jika Tumor jinak dapat diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan tumor dan biasanya langsung sembuh. Sebaliknya pada pengobatan kanker membutuhkan waktu perawatan yang lama meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi karena sel kanker sulit mati. Salam sehat dan bebas kanker.

Ditulis oleh: dr. Wahyu Triasmara di kompasiana.com
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer