Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Sunday 15 November 2015

Kanker Payudara Stadium 1 : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya

Payudara merupakan salah satu bagian intim yang sangat di  jaga oleh setiap wanita. Banyak wanita di Indonesia menganggap bahwa payudara yang indah akan meningkatkan kepercayaan diri. Maka tak heran bahwa setiap wanita harus mewaspadai bahaya kanker payudara ini, meskipun kanker payudara pada pria juga bisa juga terjadi tapi dalam skala resiko yang lebih rendah.

Sekilas Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara (Carcinoma mammae) adalah sel kanker yang menyerang jaringan-jaringan payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Biasanya kanker payudara menyerang wanita, dengan gejala yang diam-diam terjadi pada tubuh tanpa disadari. Tingkat keganasan kanker payudara di bagi menjadi stadium kanker payudara.

Pada tingkatan awal, ciri-ciri kanker payudara stadium 1 ini sebenarnya sudah dapat diketahui. berikut ini ulasan selengkapnya.

Gejala-gejala

Gejala kanker payudara stadium 1,masih sulit dideteksi, karena pada stadium ini biasanya penderita tidak terdapat rasa nyeri atau sakit pada bagian payudara ini. Akan tetapi, gejalanya sudah mulai bisa dikenali, yaitu :
  1. Timbulnya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak yang berdiameter tidak lebih dari 2 cm. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri untuk penderita.
  2. Jika kita menekan payudara, maka akan kerluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau.
  3. Kulit payudara mengerut dan pori – pori kulit payudara menjadi kasar.

Cara mengetahui gejala kanker payudara ini, dapat dilakukan dengan pengecekan dini sendiri, seperti berikut :
  1. Kenali bentuk payudara, bandingkan bentuk payudara ketika kita meletakkan kedua tangan di atas kepala dan tangan di pinggang.
  2. Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  3. Rabalah payudara dengan menggukan permukaan jari dengan sedikit di tekan. Anda dapat melakukan pola memutar dan naik turun saat menekan dan meraba payudara Anda.
  4. Tekan putting secara perlahan dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  5. Periksalah daerah payudara, ketiak, dan tulang dada dalam posisi berbaring.
  6. Lakukanlah langkah yang sama pada payudara kanan

Lakukan langkah-langkah pengecekan dini pada waktu seminggu setelah masa mentruasi. Seminggu setelah masa mentruasi, biasanya hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Pada saat itulah pengecekan dini dapat lebih mudah dilakukan. Lakukanlah pengecekan payudara ini secara rutin, setiap bulannya.

Penyebab

Banyak dari wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terkena kanker payudara. Maka, sebagai seorang wanita sebaiknya kita waspada terhadap yang terjadi pada diri kita. Agar kita dapat terhindar dari kanker payudara maka kita harus mengetahui betul apa saja yang menjadi penyebab kanker payudara, terutama pada level awal stadium 1 ini :
  1. Obesitas - Obesitas merupakan kondisi dimana kita memiliki berat badan yang sangat berlebih. Obesitas ini membuat kita susah beraktivitas dan badan akan terasa berat. Penderita obesitas memang sangat rentang terhadap banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker payudara.
  2. Kandungan lemak
  3. Faktor genetika (riwayat keluarga)
  4. Radiasi dari ionisasi
  5. Penyakit fibrokistik
  6. Faktor reproduksi
  7. Penggunaan hormon
  8. Konsumsi makanan tidak sehat

Pencegahan

Mencegah adalah tindakan yang paling bijaksana dari pada kita harus mengobati. Cara mencegah kanker payudara ini harus dilakukan sedini mungkin, terutama untuk menghindari kanker payudara stadium 1, yaitu :
  1. Melakukan olahraga rutin
  2. Tidak makan makanan yang mengandung banyak lemak
  3. Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh
  4. Minum air putih yang higienis
  5. Makan buah dan sayur dengan rutin, dan
  6. Minum obat pencegah sel kanker (harus konsultasi dahulu dengan dokter).

Pengobatan

Pengobatan kanker payudara stadium 1 yang dilakukan dengan tindakan medis yaitu indakan bedah, kemoterapi, dan terapi radiasi:
  1. Bedah, dilakukan untuk mengangkat benjolan paFda payudara
  2. Kemoterapi, dilakukan untuk membunuh sel kanker dengan cara mengkonsumsi obat anti kanker tertentu ke dalam tubuh. Kemoterapi ini menimbulkan efek rontoknya rambut, mual, dan kelelahan pada penderitanya.
  3. Terapi radiasi, adalah tindakan menembak benjolan dengan energi sinar  yang tinggi untuk membunuh sel-sel kanker.
Kondisi kanker payudara stadium 1 ini, juga masih dapat memungkinkan untuk diobati dengan cara alami yaitu dengan cara mengkonsumsi campuran ekstrak kulit manggis, daun sirsak, apel dan madu. Campuran ekstrak kulit manggis, daun sirsak, apel dan madu dipercaya mampu menghancurkan sel-sel kanker payudara. Ekstrak kulit manggis mempunyai sifat antiproliferasi yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak itu juga bersifat apoptosis yang berguna membantu penghancuran sel kanker.

Sumber Artikel: FaktaKanker . com
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer