Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Wednesday 17 December 2014

LIPI: Kerang Hijau Dadat Menjadi Penyebab Kanker

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan kerang hijau yang dibudidayakan di perairan Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang, tak layak dikonsumsi. Alasannya, komoditas itu terpapar limbah berbahaya dan mengandung racun (B3) jenis merkuri dan timbal.

"Bisa menyebabkan kanker," kata Kepala Oseanografi LIPI Zainal Arifin di kantornya di kawasan Ancol, Selasa, 9 Desember 2014. Menurut Zainal, perairan Dadap termasuk dalam wilayah yang tercemar merkuri menurut penelitian LIPI pada 2011.

Kandungan merkuri di perairan tersebut, kata dia, sebesar 1,5 miligram per kilogram atau jauh di atas batas toleransi yang ditetapkan pemerintah, yaitu 1 miligram per kilogram. "Dengan cakupan pencemaran 3 mil (sekitar 4,8 km) dari bibir pantai," kata Zainal.

Bagan-bagan kerang hijau di perairan Dadap kini menjadi perhatian setelah para nelayan pemilik bagan menolak penertiban oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Mereka menghadang petugas yang akan menertibkan bagan tersebut dengan membawa senjata tajam, seperti golok dan pedang samurai.

Zainal menambahkan, pencemaran oleh merkuri di perairan Dadap dan kawasan Teluk Jakarta sudah berlangsung sejak 1980-an, dan kandungannya terus meningkat. "Kandungan merkuri pada 2011 bahkan sudah naik sepuluh kali lipat dari penelitian kami pada 2004," kata Zainal.

Sumber Artikel: Gunakan link ini
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer