Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Thursday, 18 December 2014

Setengah Juta Kasus Kanker Disebabkan Obesitas

01:47
KELEBIHAN berat badan dan obesitas menyebabkan terjadinya hampir setengah juta kasus kanker pada orang dewasa setiap tahun, kata penelitian, Rabu (20/11/2014).

Seperempat dari kasus ini sebenarnya merupakan “kenyataan yang dapat dihindari,” kata peneliti yang penelitiannya diterbitkan dalam The Lancet Oncology .

Dipimpin oleh para ilmuwan di Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), penelitian itu mengambil data dari berbagai sumber, termasuk database besar kasus kanker dan kematian di 184 negara di tahun 2012.

Pada pria, kegemukan telah menyebabkan 136.000 kasus baru, lebih dari dua per tiganya merupakan kanker usus dan ginjal.

Pada wanita, didiagnosa 345.000 kanker. Tiga perempatnya merupakan pasca-menopause payudara, endometrium, dan kanker usus besar.

Penyebaran obesitas di negara-negara maju, tertinggi di Amerika Utara, yang menyumbang hampir seperempat dari semua kasus kanker baru berkaitan dengan berat badan.

Sub-Sahara Afrika memiliki paling sedikit, dengan 7.300 kasus.

“Temuan kami menambahkan dukungan untuk upaya global mengatasi kecenderungan meningkatnya obesitas,” kata pemimpin peneliti Melina Arnold, dilaporkan AFP.

“Prevalensi global untuk dewasa mengalami peningkatan dua kali lipat sejak tahun 1980. Jika tren ini berlanjut, maka akan dipastikan meningkatkan beban akibat kanker di masa depan, terutama di Amerika Selatan dan Afrika Utara. Peningkatan terbesar di dua kawasan itu telah terlihat selama 30 tahun terakhir.”

Diukur melalui rasio berat badan dalam kilogram dengan tinggi dalam meter kuadrat, indeks massa tubuh (BMI) dari 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan, dan lebih dari 30 merupakan obesitas .

The Lancet selalu menampilkan data terbaru tentang kanker dengan perbedaan kasus di negara kaya dan miskin, serta perbedaan di masyarakat negara maju sendiri.

Jurnal The CONCORD-2 memuat hasil penelitian, dalam lima tahun diagnosis 25.700.000 pasien menderita salah satu dari 10 jenis kanker yang umum.

Untuk leukemia akut lymphoblastic pada anak-anak –kanker pada anak yang paling umum–, tingkatnya berkisar antara 90 persen di Kanada, Austria, Belgia, Jerman, dan Norwegia. Hanya 16-50 persen di Yordania, Lesotho, Tunisia, Jakarta, dan Mongolia .

Di sebagian besar negara maju, termasuk di Brazil, Kolombia, dan Ekuador, dalam lima tahun kelangsungan hidup dari penderita kanker payudara dan kolorektal telah meningkat, berkat diagnosis dini dan pengobatan yang lebih baik.

Masih ada kesenjangan besar dalam tingkat kelangsungan hidup untuk kanker serviks dan ovarium.

Kelangsungan hidup untuk dua jenis kanker tersebut bervariasi dari lebih dari 70 persen di Mauritius, Korea Selatan, Taiwan, Islandia, dan Norwegia, dalam lima tahun ini. Untuk Libya kurang dari 40 persen.

Di Eropa, kelangsungan hidup kanker serviks dan ovarium 60 persen. Lebih rendah dari itu di Inggris, Prancis, Irlandia, Bulgaria, Latvia, Polandia, Rusia, dan Slovakia .

Studi ini harus menjadi barometer bagi kebijakan kesehatan nasional, kata Claudia Allemani dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine.

“Di beberapa negara, kanker jauh lebih mematikan daripada negara lainnya. Pada abad ke-21 seharusnya tidak boleh ada jurang dramatis dalam hidup.”

Sumber Artikel: Gunakan link ini
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer