Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Thursday, 12 November 2015

Waspada! Tahi Lalat Bisa Jadi Kanker

00:22
Kanker kulit masih menjadi momok bagi banyak orang. Penyakit ini memiliki gejala bintik hitam yang menyerupai tahi lalat.

Dilansir dari Zeenews, sayangnya, gejala ini kerap tak disadari banyak orang. Padahal, hal ini kerap membuat penanganan kanker kulit menjadi terlambat. Menurut para peneliti, bintik hitam tersebut bisa berkembang menjadi sebuah kanker yang ganas. Hal ini disebabkan adanya peran protein dalam pengembangan bintik hitam ini.

Penelitian yang dilakukan tim dari University of Pennsylvania menyebutkan, antara kanker kulit dan tahi lalat sama-sama berasal dari sel melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Normalnya, sel-sel kulit berkembang dengan teratur dan dapat dikontrol. Sel yang baru akan tumbuh, sedangkan sel lama akan mati. 

Tetapi, ketika beberapa sel mengalami kerusakan DNA, pertumbuhan sel menjadi tak terkendali dan dapat membentuk sel kanker.DNA yang dikenal dengan sebutan BRAF ini jika bermutasi akan menstimulasi produksi tumor dan mengusir molekul protein P15, sehingga merangsang pertumbuhan sel kanker melanoma

"Ketika sel kehilangan protein P15 maka sejak itu tahi lalat bertransformasi menjadi kanker kulit," papar pemimpin peneliti Todd Ridky.

Sebelumnya, peneliti telah menganalisis sel tahi lalat pasien dan membandingkannya dengan melanosit dari kulit normal. Ditemukan, melanosit pada tahi lalat ternyata mengandung 140 kali lebih banyak protein P15 dibanding pada kulit normal.

"Ketika protein P15 pada tahi lalat berkurang, maka potensi munculnya kanker melanoma semakin tinggi," pungkasnya.

Sumber: Sindonews.com
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer