Breaking News
Loading...
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer
Thursday, 18 December 2014

Ilmuwan Temukan Petunjuk untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium

02:06
PARA ilmuwan di A*STAR Institut Biologi Kedokteran (IMB) dan Bioinformatics Institute (BII) telah menemukan petunjuk baru untuk deteksi dini dan pengobatan terhadap kanker ovarium. Saat ini kanker ini adalah salah satu kanker yang paling sulit dilakukan diagnosa awal karena kurangnya gejala yang unik terhadap penyakit tersebut.

Ada tiga kanker dominan yang mempengaruhi perempuan, yakni kanker payudara, ovarium, dan rahim. Dari tiga jenis kanker tersebut, kanker ovarium baru bisa didiagnosis pada stadium lanjut karena tidak adanya gejala peringatan dini yang jelas. Keberhasilan pengobatan pun sulit setelah penyakit berada pada tahap akhir ini, sehingga tingkat kematiannya tinggi.

Kanker ovarium saat ini meningkat dalam prevalensi di Singapura, sebagaimana negara-negara maju lainnya. Kanker ini di kalangan wanita di Singapura berada di urutan kelima, dengan sekitar 280 kasus didiagnosis setiap tahun dan 90 kematian per tahun.

Mengidentifikasi Awal

Ilmuwan IMB telah berhasil mengidentifikasi tanda-tanda pada sel induk ovarium, yang dapat memungkinkan sebagai deteksi dini kanker ovarium. Dengan demikian memungkinkan penyakit tersebut dilakukan pengobatan pada tahap awal.

Tim ini telah mengidentifikasi molekul yang dikenal sebagai Lgr5, pada bagian sel-sel di epitel permukaan ovarium. Lgr5 sebelumnya digunakan untuk mengidentifikasi sel induk dalam jaringan lain, termasuk usus dan perut. Tapi ini adalah pertama kalinya para ilmuwan berhasil melokalisir tanda penting dalam ovarium. Dengan demikian, mereka telah menemukan populasi baru sel induk epitel di ovarium yang memproduksi Lgr5 dan mengontrol perkembangan ovarium.

Menggunakan Lgr5 sebagai tanda sel induk ovarium, kanker ovarium dapat berpotensi dideteksi lebih awal, memungkinkan dilakukan pengobatan yang lebih efektif pada tahap awal penyakit. Temuan ini dipublikasikan dalam Nature Cell Biology dan dilansir Science Daily, Jumat (8/8/2014).

Upaya Pengobatan

Dari berbagai jenis kanker ovarium yang terdeteksi, karsinoma ovarium serosa tingkat tinggi (HG-SOC) adalah yang paling umum dari kanker ovarium epitel. Kanker ini menjadi salah satu kanker ovarium paling mematikan, dengan hanya 30 persen dari pasien bisa bertahan lebih dari lima tahun setelah didiagnosis. Gejala HG-SOC masih kurang dipahami, dengan kurangnya tanda yang bisa diidentifikasi untuk pengamatan klinis.

Dengan menerapkan analisis bioinformatika pada data genomik kanker, ilmuwan BII mampu mengidentifikasi gen yang berstatus mutasi untuk dilakukan pengujian dan pengobatan terhadap HG-SOC.

Saat ini pasien mendapat pengobatan kemoterapi dan radioterapi, meskipun sifat sel tumor dan sampel tumor berbeda. Dengan temuan ini, pengobatan untuk kanker ovarium dapat dikembangkan dan dioptimalkan, dengan pengobatan yang sesuai targetnya bagi pasien.

Prof Sir David Lane, Kepala Ilmuwan A*STAR, mengatakan, “Temuan ini menunjukkan bagaimana berbagai lembaga penelitian di A*STAR menunjukkan keahlian mereka dalam mengembangkan pendekatan baru terhadap aspek-aspek penyakit yang belum berhasil dipelajari sebelumnya, seperti kanker ovarium. Kemampuan beragam dan pengetahuan para ilmuwan kita memungkinkan untuk melakukan pengamatan penyakit secara holistik, dari diagnosis hingga pengobatan.”

Sumber Artikel: Gunakan link ini
-----------------------------------------oOo-----------------------------------------
Cancer News Center is Blog Portal for educated purpose (guide) to anyones could more understand about cancer risk for thier health. Our news releases feature the latest information about cancer prevention, research, treatment, and education include health diet for preventing from cancer | Cancer News Center adalah Blog Portal untuk tujuan memberikan berpendidikan untuk siapapun agar lebih memahami tentang risiko kanker untuk kesehatan mereka. Informasi yang kami sajikan adalah info terbaru tentang penyakit, pencegahan, penelitian, pengobatan, dan pendidikan tentang kanker termasuk diet kesehatan untuk mencegah kanker.
Tag: cancer news, cancer risk, cancer prevention tips, cancer research info, cancer treatment guide, cancer education, health diet, tentang kanker, jenis kanker, bahaya kanker, pencegahan kanker, perawatan kanker, diet sehat, penyebab kanker

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer